Cara Mengatasi Mp145 Error E5


Error E5 pada printer Canon Mp145 ini terjadi karena pada saat level ink cartridge habis anda menekan tombol reset selama lima detik. Memang dari tampilan di monitor memberikan petunjuk demikian tetapi saran saya jangan lakukan itu. Karena jika anda lakukan maka yang terjadi adalah ink level indicator menjadi disabled. Ketika ink level disabled, pada saat inilah catridge menyalakan timer bom waktu untuk meledakkan “Error E5″. Akhirnya tinggal tunggu waktu dalam hitungan jam, dan meledakklah bom “Error E5″. Lama waktu ini biasanya kalo catridge bawaan pinter dari pabrik lebih lama. Tapi kalo bukan bawaan pabrik, sekarang ok ok saja bisa jadi ketika besok printer mau dipakai sudah E5 yang keluar.
 

Cara Membuat USB Booting menggunakan Hiren's BootCD 15.1

Kemarin ada lagi pasien yang mengeluhkan windows error pada laptopnya, windows tidak mau membuka dan hanya tampilan hitam saja yang keluar. Terpaksa ane install ulang. ternyata yang menjadi masalah adalah banyak data di Harddisk C jadi kalo di install ulang hilang sudah data tersebut. Satu-satunya jalan adalah membackup dulu data tersebut ke harddisk D. Tapi bagaimana pula cara membackup, kan windowsnya rusak tidak bisa beroperasi. Kalo CPU sih biasanya ane lepas tu harddisk kemudian ane pasang ke komputer ane dan ane backup semua. Tapi ne masalahnya tu laptop bersegel persis di tempat harddisk. Jika ane bobol hilang sudah tu garansi. Masih garansi pula.

Kalo cara ini biasanya ane menggunakan linux live cd, tetapi loadingnya lama. Ane coba pakai Hiren's boot cd, ternyata bisa gan, disitu terdapat Mini Windows XP yang bisa langsung beroperasi tanpa proses install.

Lebih hebatnya lagi ternyata di windows XP Mini tersebut juga terdapat banyak vitur seperti Antivirus, Recovery, dan banyak juga aplikasi untuk memperbaiki harddisk dan diagnosis RAM.

Oke langsung ke tutorialnya gan, cara membuat USB Booting Hiren's
Download dulu Hiren's 15.1 DISINI
Download juga aplikasi pendukungnya USB Format dan Grub4dos


Jalankan Tool USB_Format.exe pada USB_Format yang telah anda downlod tadi, kemudian akan tampil tampilan sebagai berikut :


Cara Menginstal Driver Printer Canon iP1200 di Windows 7


Sempat hampir 2 minggu ane cari cara buat menginstal canon 1200 di windows 7, masalahnya di web resmi canon tidak ada driver iP1200 untuk windows 7. Setelah coba googling akhirnya menemukan sebuah link download driver iP1200 for windows 7 tetapi lagi-lagi tetap tidak bisa bekerja. Ada sebuah forum juga menyarankan untuk melalui windows update. Dah dicoba nggak sabar neh ane kok nggak respon-respon akhirnya ane mati'in. Mulai googling lagi dan kebanyakan forum memberikan cara lewat windows update. Akhirnya ane turutin gan. Ternyata 100% work. Cuma modal sabar aja gan kalo pakai cara ini.

Ini langkah-langkahnya gan :
(Nb. Printer nggak usah dicolokkan dulu gan)

Cara Memperbaiki Canon iP2770 Blink 16x

Ketika printer dinyalakan kelihatan OK, tapi setelah di perintah print, maka Canon iP2770 akan Blink 16x Orange. Kasus ini terjadi juga setelah anda mereset Printer iP2770. Berikut gambar yg tampil di layar monitor :









Cara Mengatasi Canon iP2770 Blink 16x Orange :

Cara Memperbaiki / Memformat Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat


Cara Memperbaiki Flashdisk yang Tidak Bisa Diformat - Mempunyai flashdisk yang rusak memang sangat menjengkelkan. Dalam kesempatan kali ini saya akan sedikit memberi tips mengenai cara memperbaiki flashdisk yang tidak bisa diformat. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masukkan dulu flashdisk ke dalam USB port yang ada di CPU. 
  2. Lalu klik start-run dan ketikkan “compmgmt.msc” (tanpa tanda petik). 
  3. Setelah itu maka akan muncul program bernama compmgmt, klik program tersebut. 
  4. Pilih storage yang berada di tengah setelah itu pilih disk management. 
  5. Disini biasanya flashdisk kalian akan terdeteksi, lalu di klik kanan dan pilih create partition. 
  6. Klik kanan lagi dan lalu pilih format, selesai. (untuk windows 7 langsung format tanpa create partition)


Sampai disini biasanya Flashdisk kalian sudah bisa terformat, namun jika masih gagal juga silakan ikuti cara kedua dibawah ini.

Cara Cek Power Supply ATX Komputer

Mungkin anda pernah mengalami suatu ketika komputer anda mati total. Kalau komputer mati total, yaitu jika di tekan tombol powernya komputer tidak nyala, kemungkinan kerusakannya ada dua. Mau tahu kelanjutannya .... ?

Jika komputer di nyalakan dengan menekan tombol power dan ternyata komputer tetap mati, kemungkinan yang terjadi adalah:

1. Kabel power putus atau bahkan saluran listriknya putus.
2. Power Supply mengalami kerusakan, bisa drop (nyala sebentar terus mati) dan bisa mati total.

Di Posting ini saya akan sharing tentang cara cek power supply ATX secara mandiri artinya tanpa harus dicolokkan ke Mainboard Komputer.




Cara Install Windows XP dari Flashdisk

Cara Install Windows XP dengan Flashdisk :

I. Siapkan bahan-bahannya :

1. CD OS Windows XP
2. Flashdisk kosong minimal 1 GB (hati-hati data yg ada di dalamnya akan terhapus
3. File USB PREP8 + PeToUSB, link downloadnya download MembuatFlashdiskBootableXP.rar (sudah termasuk Bootsect.exe)
4. File Bootsect.exe, link download sama dengan di no.3
5. Komputer lain yang memakai O/S Windows XP dengan ruang kosong di drive C minimal 1,5 Gb.

II. Tancapkan Flashdisk Kosong anda ke komputer.

III. Extract file MembuatFlashdiskBootableXP.rar yang telah anda download di drive C langsung.

Hasilnya tampak seperti di gambar ini :




Klik gambar untuk memperbesar

Diagnosa Kerusakan Blue Screen / Dump memory / Layar Biru

Beberapa notebook / laptop / komputer terkadang muncul bluescreen yaitu layar menjadi biru dengan tulisan berwarna putih. Sebenarnya banyak sekali kemungkinan yang muncul, pada dasarnya bluescreen muncul karena terjadi kesalahan data pada alamat tertentu baik itu data rusak (corrupt), data hilang (missing).











Penyebab Laptop dan Komputer Blue Screen / Dump memory / Layar Biru :

1. Memory / RAM
2. Socket Memory / RAM
3. Harddisk bermasalah
4. Socket Harddisk
5. Virus
6. Data corrupt terhapus tidak sengaja
7. Uninstall program sehingga library windows terhapus
8. dll

Mengganti Mainboard / Motherboard CPU tanpa Instal Ulang

nda mungkin pernah mengalami hal ini, yaitu ketika mainboard atau mobo komputer anda rusak kemudian anda memasang mainboard baru dengan harddisk tetap sama memakai harddisk yang lama. Apakah itu...? Muncul layar Biru atau orang biasanya menyebut "BlueScreen."

Untuk mengatasi hal ini, cukup gampang walaupun dikerjakan oleh seorang awam, juga pasti bisa. BlueScreen ini muncul karena system windows mendeteksi driver chipset yang berbeda dengan mainboard yang baru, dan terjadilah bluescreen.

Untuk seorang tehnisi, trik ini sangat membantu sekali jika anda perlu cek mainboard tanpa harus install dari awal. Dan ini tentu saja dapat menghemat waktu yg lebih banyak untuk pekerjaan lainnya.

Langkah-langkah agar Harrdisk Dipindah ke Komputer Lain Tanpa Bluescreen :

1. Urutannya adalah START => Control Panel => double klik System

2. Double klik "IDE ATA/ATAPI controllers"

3. Di situ terlihat primary, secondary, kemudian jenis chipset mainboard anda, biasanya SIS, Intel, VIA, dll. Dan driver chipset inilah yg perlu anda rubah menjadi driver standart bawaan windows. Jika ada 2 driver chipset yang terdeteksi, maka anda harus mengganti keduanya dengan driver standart bawaan windows.

Caranya ikuti gambar berikut ini :


Cara Cek Kondisi Harddisk Secara Cepat dan Akurat

Mungkin diantara agan pernah mengalami windows rusak, kemudian windows anda install ulang lagi dari awal dan kelihatan windows berjalan dengan normal tanpa masalah. Akan tetapi setelah sekitar 1 minggu atau bahkan kurang, windows anda rusak lagi, padahal baru di install. Jika anda menemui hal ini, kemungkinan kerusakan adalah di harddisk yang sudah berkurang kondisi fisiknya. Ciri–ciri lainnya adalah windows berjalan lambat bahkan sangat lambat, walaupun spesifikasi mainboard, processor dan ram cukup memadai.

Silahkan simak cara cek harddisk secara cepat dan akurat berikut ini:

 
Download program HDD Sentinel. Kebetulan yang Mas Mukhlas sharing adalah yang versi DOS, karena lebih cepat prosesnya dan bisa untuk cek harddisk SATA. File hasil download berbentuk zip, extract sehingga menjadi file iso, jadi anda bisa langsung burning file tersebut ke CD.

Silahkan Download via Link di bawah ini, namun anda akan diarahkan ke adf.ly terlebih dahulu kemudian tunggu sekitar 5 detik dan cari tombol SKIP AD / LEWATI yang berada di sebelah kanan atas monitor anda.

Link HDD Sentinel versi DOS :
http://www.mediafire.com/?364yqpyqzxv3r0o


Link HDD Sentinel versi Windows (Trial) :
http://www.harddisksentinel.com/hdsentinel_trial_setup.zip

Cara Cek harddisk dengan HDD Sentinel :

1. Masukkan CD Hdd Sentinel ke CDROOM
2. Setting BIOS komputer anda agar CDROM bisa booting di urutan pertama, kemudian simpan dan keluar dari BIOS.
3. Kemudian komputer akan langsung booting dari CD dan HDD Sentinel akan langsung melakukan cek harddisk anda.
4. Hasil akan langsung terlihat dalam prosentase.



Klik gambar untuk memperbesar

Cara Cek Kerusakan RAM / Memory Komputer

RAM adalah komponen penting pada PC ataupun laptop. Jika RAM bermaslah maka komputer akan bermasalah. Berikut ini , Mas Mukhlas akan berbagi tentang cara cek kondisi RAM / memory, yaitu RAM itu baik atau rusak. Mari kita simak bersama....

Cara Cek Kerusakan RAM / Memory Komputer :

Caranya adalah dengan software yang bisa kita dapatkan dari http://www.memtest.org/.. Software ini sebenarnya sudah disertakan dalam kebanyakan CD linux, yaitu pada tampilan booting pertama biasanya ada pilihan. Tapi jika anda belum punya CD linux, anda bisa langsung download programnya.
Program memtest ini ukurannya kecil cuma 70kb, dan program ini sifatnya bootable, jadi dia berjalan sendiri tanpa windows.

1. Download softwarenya DI SINI

2. Software ini formatnya zip, anda extract dulu jadi ISO, kemudian bakar dengan NERO ataupun Ashampoo.

3. Jalankan Program MEMTEST ini dengan memakainya sebagai booting awal, karena CD ini bootable. Jadi atur BIOSnya agar CDROOM booting pertama kali.

4. Program cek RAM ini akan langsung berjalan otomatis melakukan cek terhadap RAM anda.

5. Ada 8 test yg akan dijalani oleh RAM anda, anda tinggal menunggu sampai selesai.

6. Jika RAM rusak maka akan keluar hasil dengan warna tulisan merah seperti gambar dibawah ini. Berarti RAM perlu diganti. Kalau nggak diganti bisa menyebabkan bluescreen ataupun restart sendiri.








 
Klik gambar untuk memperbesar

Cara Memperbaiki Komputer yang Sering Restart

Penyebab Komputer sering restart antara lain :

1. Komputer sering restart karena Processor overheating (terlalu panas).

Cara cek processor yang overheating (terlalu panas) :
* Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
* Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
* Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.

Penyebab Processor yang overheating (terlalu panas):

* Putaran kipas / fan pendingin Processor yang sudah menurun (putaran pelan).
* Menumpuknya debu pada sirip-sirip Pendingin Processor, ini adalah hal yang sering terjadi terutama apabila ruangan tempat penyimpanan komputer berdebu.
* Sudah keringnya atau bahkan tidak adanya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Pendinginnya.
* Kondisi ruangan tempat penyimpanan komputer yang memang panas.

Cara Service Komputer yang Sering Restart akibat overheating / kepanasan :
* Bersihkan debu yang terdapat dalam Casing CPU dan Pendingin Processor secara berkala dengan kuas kecil atau gunakan blower jika ada.
* Lapisi ulang processor dengan thermal paste, sebelumnya buang / kerik thermal paste kering yang nempel di processor / pendinginnya.
* Tempatkan komputer di ruangan yang tidak terlalu panas (lebih baik ber-AC), gunakan kipas tambahanan jika perlu
* Gunakan program monitoring temperatur, misalnya CPUID Hardware Monitor untuk mengetahui secara dini kondisi overheat pada Processor. Program ini dapat Anda download di sini. Screenshootnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.



Cara Mudah Membuat Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven

Jika agan memiliki komputer atau laptop dengan jumlah partisi hanya satu bagian alias harddisk tidak dibagi sama sekali, berikut ini Mas Mukhlas akan membahas Cara Mudah Membagi Partisi Harddisk Windows XP, Vista, Seven. Cara membagi partisi harddisk yang Mas Mukhlas akan bahas ini terbukti manjur dan cepat serta tidak merusak system ataupun data pada komputer anda. Tetapi alangkah baiknya data-data yang penting di backup dulu ke flashdisk atau Harddisk portable. (sekedar untuk jaga-jaga)

Software yang kita butuhkan adalah EASEUS Partition Master Home Edition yang free. Anda dapat mendownloadnya di link ini :
http://www.partition-tool.com/download.htm




Cara Membobol Password User di Windows XP

cara ini hanya bisa dilakukan jika User Account ADMINISTRATOR tidak di password.


1. Hidupkan komputer seperti biasa. Tunggu sampai muncul jendela login ...
  

Klik gambar untuk memperbesar
  

Cara mengatasi monitor mati karena resolusi terlalu tinggi

Jika agan-agan mensetting resolusi monitor terlalu tinggi atau refresh rate monitor yang terlalu tinggi, ada kemungkinan monitor tidak kuat untuk mengaplikasikannya. Nah, untuk memproteksi diri agar tidak rusak, maka monitor tersebut akan meniadakan gambar dan mematikan dirinya sendiri. Kalo sudah seperti ini, maka monitor tidak akan menampilkan gambar apapun. Kalo monitor agan jenis digital, mungkin akan menampilkan pesan “Out of range” atau sejenisnya. Nah, dalam artikel ini saya akan sharing cara memperbaiki settingan agar monitor yang mati karena setting resolusi terlalu tinggi itu bisa nyala lagi tanpa harus install ulang. Ciri yang paling ketara dari settingan resolusi terlalu tinggi adalah komputer masih nyala seperti biasa, pada saat komputer nyala juga BIOS tampil seperti biasa, tetapi setelah windows progress windows anda muncul, tiba-tiba monitor anda blank.
Pada umumnya resolusi standart yang digunakan 1024 x 768 tetapi untuk kekuatan resolusi tergantung VGA dan monitor. Berikut tips dan trik mengatasinya :
  1. Restart komputer.
  2. Sebelum masuk ke jendela loading windows cepat-cepat menekan tombol F8 untuk memunculkan menu pilihan type booting windows.
  3. Jika sudah muncul menu type booting, maka pilih booting “Enable VGA Mode” dan tekan enter.
Klik gambar untuk memperbesar

Cara Mengatasi Backlist Smadav 9.2 yang Menjadi Hitam

Postingan kemarin Mas Mukhlas sudah pernah share tentang download Smadav dan Keygen dengan nama sendiri.

Sekarang saatnya share cara mengatasi backlist Smadav. Smadav akan terbacklist jika nama dan key yang anda masukkan ke registrasi sama dengan nama dan key orang lain. Smadav mengetahuinya pada saat kita dan orang tersebut pernah terkoneksi dengan internet. Untuk itu gunakan nama se aneh mungkin agar tidak sama dengan orang lain.

Klik gambar untuk memperbesar

Cara Mengatasi Printer Canon MP258 Kode Error E13

Ketika printer dinyalakan LCD panel menunjukkan angka 1 dan kelihatan OK, tapi setelah di perintah print, maka akan muncul error E13 pada MP258 ini. Berikut gambar yg tampil di layar monitor :

Klik gambar untuk memperbesar





1. Jika tampil error E13 dengan gambar diatas, berarti catrid warna membutuhkan reset (mengalami runout).

2. Caranya : tekan tombol STOP/RESET agak lama sampai LCD panel berputar, kemudian lepaskan.








Cara Mengatasi Printer Canon MP258 Kode Error E08

Bagi-bagi ilmu lagi ah, (semua posting yang ada di blog cara-mukhlas.blogspot.com adalah kejadian yang benar-benar sudah penulis alami). Jadi nggak asal posting gan.

Seperti yang satu ini, mengatasi error canon mp258 E08 sudah pernah penulis alami dan hasilnya 100% berhasil.



Silahkan simak :
E08 adalah error yang disebabkan limit print dari head sudah mencapai 2000lembar, yang biasanya printer minta di reset...

berikut ada langkah2 nya
Cara 1 :

  1. Printer dalam keadaan mati dan kabel listrik terpasang.
  2. Tekan Tombol STOP/RESET dan tahan, kemudian tekan tombol POWER dan tahan.
  3. Tombol POWER masih ditekan, lepas tombol STOP/RESET, kemudian tekan tombol STOP/RESET 2 x dalam keadaan tombol power masih ditekan.
  4. Lepas kedua tombol secara bersamaan.
  5. Printer akan berproses beberapa saat (agak lama), kemudian LCD Panel akan menunjukkan angka NOL (0)
  6. Komputer akan mendeteksi DEVICE BARU, Abaikan saja .....
  7. Keadaan ini menunjukkan printer MP258 dalam keadaan SERVICE MODE dan siap direset.

Cara Masuk BIOS HP Mini 110-3000

Lagi asik-asik online ada pasien masuk, langsung ane tanyain.

Ada keluhan apa Bu. (sambil tu ibu meletakkan sebuah netbook)




Bu Pasien : Ini Mas Mukhlas, netbooknya banyak virusnya.

Mas Mukhlas : Oke Bu, ane cek dulu ya. (menyalakan netbook, cek virus, cek data)

Mas Mukhlas : Iya Bu, ini banyak virusnya. Semoga saja nggak sampai parah. Tapi ini datanya juga lumayan banyak Bu. Cukup lama, apa mau ditinggal. (sambil berdoa dalam hati "moga-moga ditinggal biar nyantai ngerjainnya)

Download Activator Keygen Windows 7 Home Basic, Professional, Ultimate

Kemarin sudah punya koleksi activator Windows 7 Home Basic, Professional, dan Ultimate. Tetapi karena ceroboh naruh dimana. Akhirnya hilang tu semuanya.

Dari pada pusing-pusing nyari lagi. Ini mumpung ada Mas Mukhlas taruh di blog sendiri sekalian di share sama sobat blogger semua.



Cara Mengatasi dan Menyembunyikan Password dari Keylogger

Keylogger, ini apa ya?
Oh iya Keylogger adalah sebuah software yang bisa diinstal di komputer kita, sehingga kita bisa memata-matai pengguna komputer kita. Karena itu kita harus waspada ketika kita mengakses, situs-situs yang memerlukan password dan username, di komputer-komputer publik seperti warnet, komputer kampus, atau mungkin juga komputer teman. Karena bisa jadi di komputer-komputer tersebut sudah terinstall keylogger.



Apa yang di mata-matai Keylogger?
Apapun yang diketikkan di keyboard komputer kita. Tapi tunggu dulu. Ternyata keylogger juga bisa membaca clipboard kita. Artinya jika ada mitos mengatakan “Coba kamu simpan passwordmu di satu file, jadi kan kalo mau ke warnet tinggal copy paste password sama username.. Jadinya kan ga akan kedetek sama keylogger..” Ternyata mitos itu hanyalah sebuat mitos belaka, karena Keylogger juga bisa membaca clipboard kita. Sehingga apapun yang kita ketik di keyboard, dan apapun yang kita copy paste, semuanya akan terekam oleh keylogger.

Adobe Photoshop CS5 Extended Full Version

Pengen nyoba Adobe Photoshop CS5 extended

disini Mas Mukhas kasih gratis, Tanpa keygen, tanpa serial number, tanpa aktivasi
Tinggal instal trus pakai. Sudah full version.

Enak to, tanpa ribet.

NB : Untuk windows 7 setelah di instal gunakan Run As Administrator untuk membuka program

DOWNLOAD ADOBE PHOTOSHOP CS5 EXTENDED



Selamat mencoba.......

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Rusak, Mati, Menombol Terus

Notebook atau Netbook anda pernah mengalami masalah seperti ini :

  • Ada beberapa tombol yang mati
  • Waktu laptop menyala pertama kali keluar bunyi beep atau tit atau tut atau lainnya (berbunyi pendek terus menerus)
  • Sewaktu dibuat mengetik ada beberapa tombol yang keluar terus menerus

Hal tersebut dikarenakan menempelnya kedua lapisan karbon pada flexyble keyboard (akibat jamur atau kotor) sehingga tombol keyboard dapat menekan sendiri atau bahkan tidak dapat digunakan sama sekali.

Disini saya mendapatkan solusi memperbaiki keyboard laptop rusak, mati, menombol terus dari teman saya.

sebuah video tutorial bagaimana cara memperbaiki keyboard laptop yang rusak tersebut hanya dengan menggunakan sebuah cutter.

Cara yang digunakan di video ini terlihat sangat mudah, karena hanya merobek pinggiran karbon lalu membersihkannya sekaligus dengan cutter tersebut. Silahkan menyaksikan.





LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...